9 Manfaat Jalan Kaki Menurut SehatQ.com


Olahraga untuk menyehatkan tubuh tidak melulu berat dan mahal. Olahraga jalan kaki juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat jalan kaki baik di pagi dan sore hari dapat menjadi olahraga alternatif di tengah kesibukan. Sebab jalan kaki bisa dengan sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja.

9 Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Diketahui

Dilansir dari SehatQ.com, ada setidaknya 9 manfaat olahraga jalan kaki yang Anda dapatkan. Manfaat tersebut mulai dari memberikan kesehatan secara fisik hingga psikis. berikut manfaat jalan kaki:

1. Menguatkan tulang dan sendi

Berjalan kaki membuat Anda menahan beban tubuh sendiri, hal tersebut bermanfaat untuk menguatkan tulang hingga mencegah osteoporosis. Kegiatan tersebut juga membantu melindungi sendi lutut dan pinggul serta memperkuat otot di sekitar sendi tersebut.

2. Menguatkan otot kaki

Sebagai olahraga yang bekerja menahan beban tubuh, otomatis dapat menguatkan otot kaki. Semakin berat medan dan jarak jalan kaki semakin cepat memperkuat otot pada kaki. Jika Anda secara khusus bertujuan memperkuat otot kaki dapat melakukan jalan kaki menyusuri rute menanjak. Namun olahraga ini juga tidak boleh dilakukan sembarangan, perlu dilakukan bertahap sebelum melakukan treatment yang sulit.

3. Membakar kalori

Sama halnya dengan lari, jalan kaki termasuk olahraga kardio yakni olahraga yang dapat menaikkan detak jantung dan pernapasan. Karenanya jika dilakukan dapat membakar kalori dalam tubuh. Meski tidak sebanyak pembakaran pada aktivitas lari, berjalan dengan cepat mampu membakar sebanyak 100-300 kalori dengan durasi 30 menit di medan menanjak.

4. Meningkatkan energi

Aktivitas berjalan kaki mampu meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu dapat menambah kadar kortisol, epinefrin dan norepinefrin yang bekerja mengatur tingkat energi tubuh. Inilah mengapa secara sederhana melakukan olahraga jalan kaki ini dapat mengurangi lesu dan meningkatkan energi.

5. Memperkuat jantung

Sebagai olahraga kardio, aktivitas berjalan kaki setiap hari selama 30 menit mampu mengurangi hingga 19% risiko penyakit jantung koroner. Lakukan olahraga berjalan setiap hari dan lakukan tingkatkan jarak secara bertahap untuk manfaat lebih baik bagi jantung.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Bagi Anda yang memiliki masalah kadar gula, cobalah berjalan kaki sesudah makan, baik makan pagi, makan siang maupun makan malam. Sebuah riset menemukan melakukan jalan kaki sesudah makan selama 15 menit memperbaiki kadar gula dalam darah lebih baik dari berjalan kaki selama 45 menit.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh yang tidak pernah berolahraga lebih sering sakit dibandingkan yang sering berolahraga. Berjalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sumber penyakit. Penyakit ringan seperti flu, batuk dan pilek sangat mudah menular jika tubuh tidak memiliki kekebalan yang baik.

8. Baik untuk kesehatan mental

Selain baik untuk kesehatan fisik, berjalan kaki juga baik untuk psikis. Kegiatan berjalan kaki bila dilakukan secara rutin dapat mengurangi gangguan kecemasan dan mengurangi suasana hati yang buruk. Secara bertahap kegiatan berjalan kaki berpengaruh positif pada kesehatan mental.

9. Meningkatkan kreatifitas

Ide-ide segar dapat keluar saat suasana hati sedang baik. Melakukan jalan kaki terutama di ruang terbuka dengan udara segar dapat memunculkan kreativitas pada seseorang yang keluar dalam suasana hati yang buruk.

Ternyata ada banyak manfaat jalan kaki yang bisa diperoleh. Dapatkan info kesehatan lainnya di website SehatQ.com Anda juga bisa langsung konsultasi dengan fitur chat dokter di SehatQ.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Jalan Kaki Menurut SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel