Letak Kerajaan Tarumanegara

Letak Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu Budha tertua kedua di Indonesia setelah kerajaan Kutai. Kerajaan ini banyak meninggalkan sebuah prasasti yang digunakan oleh parah ahli arkeolog untuk mengupas sejarahnya. Dengan adanya prasasti itu juga, para arkeolog dapat mengetahui dimana keberadaan kerajaan Tarumanegara. Berikut informasi mengenai lokasi kerajaan Tarumanegara.

Lokasi Dari Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan Hindu Budha yang tertua di daerah Jawa. Kerajaan ini diperkirakan berdiri sejak abad ke-4 masehi sampai dengan abad ke-7 masehi. Kerajaan Tarumanegara ini berada di lembah Sungai Citarum, Bogor, Jawa Barat.


Hal itu diperkuat dengan adanya tanggapan dari para arkeolog yang menyatakan bahwa kerajaan Tarumanegara berada di tepi Sungai Citarum, Jawa Barat. Para arkeolog ini mencari tahu keberadaannya melalui peninggalan-peninggalan dari kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini banyak meninggalkan bukti sejarah seperti prasasti-prasasti dan peninggalan arkeologis lainnya.


Dengan banyaknya peninggalan tersebut, para arkeolog dapat dengan mudah melacak keberadaan dari lokasi kerajaan Tarumanegara. Dalam sebuah prasasti tugu menyebutkan bahwa kerajaan Tarumanegara ini memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas.

Wilayah kekuasaan kerajaan ini mulai dari Banten, Bogor, Jakarta, Cirebon, bahkan sampai ke Kawarang. Kekuasaan kerajaan Tarumanegara berpusat di antara sungai citarum, Ciluwung, Cisadane, dan juga sungai Candrabagha. 


Kerajaan Tarumanegara ini berdasarkan prasasti peninggalan kerajaan yakni prasasti ciaruteun menyebutkan bahwa orang yang mendirikan kerajaan Tarumanegara adalah Sundapura. Sundapura menjadi pendiri kerajaan sekaligus sebagai raja pertama di kerajaan Tarumanegara ini.

Tetapi di dalam sebuah naskah kuno dari wangsakerta menyebutkan orang yang mendirikan kerajaan Tarumanegara adalah Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini didirikan pada tahun 358 masehi. Akan tetapi, naskah wangsakerta ini masih diragukan oleh para ahli sejarah.


Jayasingawarman adalah seorang menantu dari raja Dewawarman VIII. Jayasingawarman adalah orang India yang mengungsi ke daerah Indonesia. Setelah itu Jayasingawarman mendirikan sebuah kerajaan yang tak lama di serang oleh kerajaan lain.

Lokasi pusat pemerintahan kerajaan Tarumanegara yang letaknya berada di Jayasinghapura menggantikan pusat pemerintahan dari kerajaan mertuanya yang bernama kerajaan salakanegara. Dengan begitu kekuasaan kerajaan Tarumanegara semakin luas.

Keberadaan lokasinya yang cukup strategis membuat kerajaan Tarumanegara ini memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas. Pada awalnya kerajaan ini adalah sebuah pemukiman kecil yang untuk membangunnya saja harus mendapatkan sebuah ijin dari Raja Darwawarman VIII.

Setelah berjalan selama 10 tahun, desa yang diberi nama desa Taruma ini semakin banyak di datangi oleh orang-orang. Sehingga desa ini dapat menjadi lebih besar dan menjadi sebuah kota. Dengan berjalannya waktu kota ini terus didatangi oleh para orang-orang sehingga membuat kota ini berubah menjadi sebuah kerajaan.

Itulah informasi mengenai lokasi kerajaan Tarumanegara. Lokasi keberadaan kerajaan Tarumanegara sudah banyak dilakukan penelitian. Akan tetapi ada saja sebuah pendapat yang berbeda dari para ahli sejarah.


Letak Kerajaan Tarumanegara - Treeangle

Konten ini di produksi oleh jasa content writer dan di optimasi menggunakan jasa content placement

Belum ada Komentar untuk "Letak Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel