Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Daerah Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia

Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia

Rumput laut merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Bahan ini menjadi salah satu produk yang banyak dicari oleh masyarakat terutama Asia. Produk ini ternyata telah digunakan sejak zaman dahulu oleh masyarakat di Asia Timur untuk bahan makanan sekaligus sebagai obat. Rasanya cukup gurih dan lezat. Bahan ini juga sering digunakan di banyak makanan seperti salad, sup, sushi, dan lain-lain. Melihat potensi rumput laut yang cukup besar membuat masyarakat di Indonesia memanfaatkan kesempatan ini. Oleh karena itu, beberapa daerah di Indonesia menghasilkan rumput laut untuk diperdagangkan. Berikut beberapa penghasil rumput laut terbesar di Indonesia.


Daerah Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia

1. Sulawesi Selatan

Provinsi ini menjadi salah satu penghasil rumput laut terbesar di Indonesia. Total produksinya mencapai lebih dari 3 juta ton pada tahun 2016. Angka ini merupakan 30% dari total produksi rumput laut di Indonesia. Potensi produk ini sangat besar dan secara langsung membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Oleh karena itu, pemerintah setempat juga turut membantu dengan mendirikan beberapa pabrik pengolahan rumput laut di daerah tersebut.

Rumput laut yang berasal dari Sulawesi Selatan ini telah beredar di banyak negara seperti Malaysia, China. Thailand dan masih banyak lagi. Tidak hanya rumput laut mentah saja yang dieskpor, tetapi berbagai olahan dari produk tersebut juga turut diperdagangkan. Hal ini terbukti dari angka UKM yang memiliki produksi olahan rumput laut mencapai lebih dari 700 anggota.


2. Nusa Tenggara Timur

Pada tahun 2015, 60% total produksi rumput laut di Indonesia berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Lahan yang digunakan untuk menghasilkan produk ini saja sudah sangat luas yaitu sekitar 6.000 Ha. Kawasan yang terkenal memproduksi rumput laut di provinsi ini adalah Lembata, Sumba Timur, Alor, Rote Ndao, Kupang, Sabu Raijua. 

Jumlah orang yang membudidayakan produk ini mencapai lebih dari 64.000 orang. Kondisi tempat ini yang memiliki curah hujan yang sesuai, pantai berkarang, sinar matahari yang cukup membuatnya menjadi tempat yang sangat strategis untuk membudidayakan rumput laut.


3. Sulawesi Tengah

Pulau Sulawesi memang menjadi tempat yang sangat cocok untuk membudidayakan rumput laut. Salah satu provinsi di pulau ini yang juga terkenal dalam besarnya produksi rumput laut adalah Sulawesi Tengah. Pantai yang digunakan untuk menghasilkan produk ini saja memiliki panjang sekitar 7.000 Km dengan produksi per tahun mencapai 10 juta ton. Adanya potensi ini sangat didukung oleh pemerintahan setempat.

Oleh karena itu, berbagai cara telah diupayakan untuk membantu bidang ini. Pemerintahan setempat saat ini juga dalam tahap mengupayakan mengembangkan bibit rumput laut yang unggul dan dapat sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Para pembudidaya juga selalu diberi pengetahuan dalam budidaya produk ini agar dapat menghasilkan rumput laut dengan kualitas terbaik. 


Selain itu, pemerintah setempat juga mendirikan percontohan budidaya dan laboratorium pengembangan bibit di beberapa titik. Tak heran dengan upaya kerasnya ini mampu membuat provinsi ini dikenal dengan julukan salah satu penghasil rumput laut terbesar di Indonesia.

3 provinsi di atas merupakan beberapa wilayah yang menjadi penghasil rumput laut terbesar di Indonesia. Masih banyak daerah yang menghasilkan salah satu produk favorit masyarakat Asia ini di Indonesia. Selain memiliki nilai ekonomi yang bagus, rumput laut juga memiliki banyak manfaat seperti sumber vitamin, melancarkan pencernaan, mengurangi lemak, dan lain-lain.


Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia - Treeangle

Posting Komentar untuk "3 Daerah Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia"