Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menghubungkan Kamera Nikon D7200 ke Televisi HD


Dalam kamera DSLR pada umumya, terdapat fitur yang dapat menghubungkan kamera anda ke Televisi, Monitor Komputer, atau perangkat ketiga lainnya. hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kabel HDMI, yang mana hampir semua DSLR menyediakan port untuk mencolok kabel HDMI dengan Televisi atau Komputer, atau bisa juga dengan perantara nirkabel seperti Bluetooth, Wi-Fi, atau bahkan NFC. 

Beberapa Fotografer lebih menyukai kabel HDMI selama proses pemotretan. Hal ini memudahkan klien dan subjek pemotretan dapat langsung meninjau setiap jepretan yang diambil Fotografer.

Kali ini kita akan membahas cara menghubungkan kamera Nikon D7200 ke Televisi, khususnya Televisi yang sudah mendukung gambar HD. Sebagai informasi, Nikon D7200 adalah. Kamera DSLR yang dilengkapi sensor CMOS berukuran APS-C (23,5 x 15,6 mm) dan memiliki resolusi 24 megapiksel. Kamera ini sudah didukung dengan konektivitas HDMI, Wi-Fi dan NFC. FItur NFC ini adalah yang pertama di kelasnya. 

Tapi sebelumnya untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, anda memerlukan kabel HD mini-pin Tipe C. Selanjutnya, atur preferensi HD dengan membuka menu Setup dan pilih opsi HDMI yang terdapat di layar menu. Dalam opsi HDMI, terdapat tiga sub opsi lainnya, yaitu:

Output Resolution


Secara dasar, kamera secara otomatis memilih opsi resolusi video HD untuk dikirim ke Televisi setelah Anda menghubungkan kedua perangkat tersebut. Tetapi anda juga dapat mngatur resolusi yang anda inginkan melalui opsi ini.

Device Control


Jika televisi Anda kompatibel dengan perangkat HDMI-CEC, Anda dapat langsung menggunakan tombol pada remote kontrol TV. Namun jika anda sedang menggunakan mode Live View, anda perlu menon-aktifkan opsi ini.

Advanced


Pengaturan dalam opsi ini mengontrol beberapa aspek lagi tentang cara kamera mengumpan sinyal video ke Televisi:

  • Output Range and Output Display Size

Biarkan kedua opsi ini berada dalam status default kecuali dalam buku manual Televisi menyarankan sebaliknya. Pengaturan Rentang Output mengontrol rentang tingkat kecerahan dalam gambar video, opsi Ukuran Tampilan Output menentukan apakah kamera sedikit mengurangi dimensi tampilan untuk memastikan bahwa semuanya terlihat di layar Televisi anda.

  • Live View On-screen Display

Aktifkan opsi ini untuk menampilkan data yang biasanya muncul di layar monitor kamera selama pemotretan dengan mode Live View. Tekan tombol Info pada kamera untuk mengubah jenis data yang ditampilkan.
  • Dual Monitor
Aktifkan opsi ini untuk melihat tampilan pada layar monitor kamera dan layar Televisi. Jika anda mematikan opsi ini, pratinjau hanya akan tampil di Televisi saja.

Setelah anda memilih opsi menu Setup yang diperlukan, non aktifkan kamera D7200 anda, cari port HDMI disisi kamera, Yang lebih kecil dari dua colokan pada kabel HD masuk ke port kamera. 
 
Perlu diingat, anda mungkin harus menyambungkan ujung lain dari kabel HD langsung ke Televisi atau ke perangkat input HD lainnya yang merupakan bagian dari sistem itu sendiri. Anda mungkin juga perlu mengubah pengaturan input tertentu di Televisi atau perangkat HD lainnya. Saat semuanya baik-baik saja (sesuai prosedur), nyalakan kembali kamera Anda untuk mengirim sinyal ke perangkat TV. Jika Televisi anda tidak didukung dengan kemampuan HDMI-CEC, atau remote Televisi anda hilang, anda bisa mengontrol play, pause, next, select menggunakan tombol kontrol itu di kamera Nikon D7200 anda. 

Posting Komentar untuk "Tutorial Menghubungkan Kamera Nikon D7200 ke Televisi HD"